Widget HTML Atas

Membuat database MySQL dengan pola DAO dan JDBC


Disini saya menggunakan database MySQL dengan pemrograman berpola DAO (Data akses Objek), dan menggunakan JDBC (Java database connection) serta editornya netbeans 7.4 by Muhammad Herwindra Berlian

[PENJELASAN SINGKAT SAYA]
(*) kenapa saya memakai MySQL, dikarenakan saya sudah cenderung lama menggunakan database ini untuk membuat website dinamis.
(*) Mengapa saya menggunakan pola DAO (Data akses Objek) ? Kenapa tidak menggunakan pola MVC (Model View Controller) ?
Dikarenakan pada pembuatan program berbasis Java kebanyakan programer cenderung memakai ini untuk frameworknya, keuntungannya saangat banyak mulai dari mempermudah maintenance program, develope program dengan team dan masih banyak lainnnya. Sedangkan pola MVC digunakan kebanyakan untuk mengembangkan program website.


[BUAT DATABASENYA]
Untuk membuat program ini pertama kita harus membuat databasenya terlebih dahulu, contoh saja saya memakai phpmyadmin untuk antarmuka pembuatan sql'nya.

[BUAT LOGINNYA]
Pada file halaman login yang bernama PassFrame.java ini berisikan form yang terbuat dari libray java awt dimana anda akan diminta untuk memasukkan ID,NAMA,PASSWORD untuk dapat masuk ke MainMenu pada halaman administrator atau hanya sebagai member.


[BUAT ENTITYNYA]

Selanjutnya buat package dengan nama entitas/entity, selanjutnya buat class Databuku.java
pada DataBuku.java berisi method method yang digunakan untuk setiap field yang ada di dalam tabel buku (set yang bertipe void dan get bertipe kembalian /return )

[BUAT INTERFACENYA]

Setelah itu kita buat package baru dengan nama interfaces, selanjutnya buat interface dengan nama BukuInterface.java. Dimana interface ini untuk DAO'nya, ingat interface itu bukan sebuah class.
pada interface berisi method abstrak, yang akan digunakan untuk operasi databasenya.
seperti : insert,update,delete,.

[BUAT DAO'NYA / IMPLEMENTNYA]

Selajutnya, karena interface adalah method abstrak jadi kita akan buat class implementasi dari interface atau yang juga disebut DAO'nya. Kita buat BukuImplement.java pada package implement.
pada DAO ini terdapat koneksi database biasanya juga disebut factory class, tapi biasanya factory class ini di pisah dengan DAO, dan membentuk file JDBConnection.java sendiri.
Disini juga berlangsung pengaksesan database berupa query SQL


[BUAT VIEWNYA / GUINYA]
(Tampilan Design Main.java)
(Tampilan Source Code Main.java)

(Tampilan Design Petugas.java)
(Tampilan Source Code Petugas.java)

setelah DAO'nya jadi, sekarang kita buat Viewnya atau desain tampilannya, kita buat package GUI dan kita buat Jframe file dan saya beri nama Main.java dan Petugas.java

[BUAT TABELMODENYA]
(BukuTabel.java)

(TabelPinjam.java)

Setelah itu kita buat class TabelModel pada package TabelMode yang digunakan untuk mengurusi tabel yang ada di view / di GUInya, kita beri nama tabelbuku.java dan tabelpinjam.java.
Untuk kode yang ada diview / di GUInya dan tabelmodel pembutannya saling bergantian untuk saling melengkapi.

[TAMBAHKAN LIBRARY JDBC]

Yang terakhir jangan lupa untuk menambahkan library mysql.jdbc.connector sesuai versi yang dibutuhkan.


Kesimpulan : setelah saya mempelajari dan membuat program Sistem Informasi Perpustakaan berbasis GUI ini, saya mendapatkan ilmu baru mengenai aplikasi CRUD (create read update delete) meskipun masih sederhana yang saya buat ini, namun saya sudah dapat mengimplementasikan pola pemrograman yang baik dan benar yaitu seperti membangun sebuah framework dimana DAO (Data akses Objek)adalah konsep atau pola pemrograman pada java yang dapat diterapkan untuk mengembangkan sebuah program secara mudah dalam maintenance , mudah dalam pengerjaan secara team dan banyak manfaat yang diperoleh.


Untuk kedepan saya akan mencoba membuat program dimana program ini menuntun kita untuk belajar bertahap. Dimana awalnya kita mempelaajari jdbc murni lalu kita lanjut ke hibernate lalu ke hibernate + spring

MVC merupakan sebuah konsep dalam membangun sebuah aplikasi dengan memisahkan antara data dari tampilan dan aksi pemrosesannya. Model berfungsi sebagai sumber data. View berfungsi sebagai desain interface yang berinteraksi langsung dengan user. Controller berguna sebagai “OTAK” atau “business logic” yang memproses data yang dilakukan oleh user.
Sekilas MVC kelihatannya merepotkan karena kita harus menulis kode lebih banyak tapi keuntungannya adalah kode kita lebih maintenable karena kita bisa mengubah salah satu bagian tanpa harus mengubah bagian yang lain

DAO merupakan sebuah sebuah konsep dimana setiap entitas memiliki suatu class yang menangani proses manipulasi data yang berhubungan dengan entitas tersebut
Herwindra Berlian
Herwindra Berlian Seorang blogger yang kesehariannya didepan laptop dan hobi berselancar di internet sejak 2011

1 comment for "Membuat database MySQL dengan pola DAO dan JDBC"

  1. mas bisa minta souce code lengkap nya gak ? gambar nya kecil mas gak bisa dibaca, thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih