Widget HTML Atas

Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing (cheat sheet)

Konsep Internet Marketing

Mengenai Internet Marketing

 Internet marketing adalah bagian dari Digital Marketing yang medianya melalui internet saja seperti media sosial, website, Google dan YouTube.

 Pola Pikir yang harus ditanamkan ketika ingin menggunakan Internet Marketing yaitu sikap mau belajar, berani berinvestasi, berani bereksperimen, konsisten, dan kreatif.

Mindset Bisnis, Sales dan Marketing

 3 mindset berbisnis yang pertama adalah berpikir dari belakang, IaIu berani investasi, dan yang ketiga yaitu done is better than perfect.

 Sales dan marketing adalah dua hal yang berbeda, sales merupakan bagian dari marketing namun marketing bukan hanya sales saja. Sales adalah kegiatan menjual produk hasil dari strategi marketing.



Pondasi Bisnis

Melakukan Analisis SWOT

        SWOT adalah suatu bentuk analisis dalam manajemen bisnis ataupun perusahaan yang digunakan untuk bisa membangun citra, menganalisa kelebihan dan kekurangan maupun ancaman yang ada pada bisnis.

        Terdapat 4 analisis yang digunakan dalam SWOT, yaitu Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats.

        SWOT dapat membuat kita berkaca tentang bisnis yang akan dijalankan, hasil analisis SWOT juga berguna untuk menentukan langkah strategi berikutnya.

Membuat Market Fit

        Market Fit adalah proses untuk mencocokkan harapan pasar dengan apa yang bisa kita berikan sebagai penyedia produk/jasa.

        Market Fit dapat diukur dengan melihat 4 pertanyaan

1.       Apa yang customer lakukan?

2.       Apa yang customer harapkan?

3.       Apa yang customer khawatirkan?

4.       Apa yang kita sediakan? '¢• Membuat Buyer Persona

        Buyer Persona merupakan proses menentukan target market. Dengan menentukan target market, maka kita bisa lebih fokus menyasar target dan tepat sasaran sehingga budget lebih hemat dan efektif.


 

 

        Isi buyer persona antara Iain usia, jenis kelamin, lokasi, tingkat pendidikan, pendapatan, occupation, pekerjaan, hobi, status lajang/menikah, website, dan model smartphone.


Selling Strategic

 

4• Mengenai Sales Funnel

        Funnel adalah sistem dasar dalam dunia marketing, biasa disebut AIDA (Awareness, Interest, Decision, Action).

        Terdapat 3 jenis Customer Temperature yaitu cold, warm, dan hot.

        Sales Funnel dibuat untuk menangani customer temperature.

 

Menentukan Goals Beriklan

        Tujuan beriklan antara lain untuk mendapatkan branding, exposure dan sales.

        Branding dan Exposure untuk meningkatkan daya tawar pada masyarakat. Sedangkan sales tidak bisa berjalan tanpa branding, dan sebaliknya.

        Menentukan platform sesuai dengan tujuan/goals iklan sangat penting sesuai dengan tujuan marketing yang diinginkan.

 

   Facebook & Instagram VS Google Ads

        Pertimbangan dalam memilih platform marketing (media sosial atau Google Ads)

1.       Kenali produknya

2.       Produk sudah dikenal

3.       Tingkat kebutuhan pasar terhadap produk

4.       Manfaat produk yang dijual

5.       Analisa pasar/lakukan targeting

        Perbedaan media sosial (FB dan IG) dengan Google adalah FB dan IG memunculkan iklan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik yang kita, sedangkan Google akan memunculkan iklan sesuai dengan apa yang kita cari. Terdapat keunggulan dan kekurangan masing-masing, menyesuaikan apa yang menjadi tujuan marketing.


 

 

Content Marketing

 

Mengenal Content Marketing

        Content Marketing adalah strategi pemasaran untuk merencanakan, membuat, dan juga mendistribusikan konten kepada target market.

        3 konsep content marketing yaitu edukasi, testimoni, dan jualan.

• Langkah Membuat Content Marketing

        Langkah dalam content marketing adalah perencanaan, buat content, dan mempromosikan. Perencanaan dimulai dengan mengenali target audiens dengan baik, IaIu lakukan perencanaan konten yang sesuai dan dapat menarik audiens, dan terakhir promosikan konten lewat berbagai platform.

4• Mengenal dan Membuat Copywriting

        Copywriting adalah seni menjual sesuatu lewat tulisan. Copywriting bertujuan untuk untuk menghasilkan konversi sales dan menarik perhatian calon konsumen.

        Terdapat beberapa teknik dalam copywriting

1.       Teknik ilusi pilihan

2.       Teknik semakin-semakin

3.       Teknik trance words

4.       Teknik kata perintah (pakai kata sebelum)

5.       Teknik kata keterangan dan kata sifat

6.       Teknik Format sederhana

 

Strategi Menjalankan Facebook Ads

 

° Persiapan Membuat Iklan di Facebook dan Instagram Ads

        Persiapan beriklan di Facebook dan Instagram

1.       Memiliki Facebook fanpage

2.       Memiliki Instagram business

3.       Facebook/oripoge dan Instagram business harus terhubung

        Langkah-langkah menghubungkan akun Instagram dengan akun fanpage

1.       Buat facebook fanpage

2.       Buat Instagram

3.       Hubungkan akun Instagram dengan akun fanpage

4.       Ubah akun Instagram menjadi Instagram business

4• Menjalankan iklan di Facebook & Instagram

        Menentukan konten yang tepat untuk iklan anda sesuai dengan target marketing.

        Pada facebook bisnis, terdapat 3 area yaitu kampanye, set iklan, dan iklan.

        Pembuatan copywriting dan prospeknya berbeda dengan Google Ads maupun media internet marketing yang Iain.

° Remarketing dan Kelola Database

        Pilih menu pada Facebook Bisnis anda, IaIu pada menu asset klik pilihan pemirsa untuk menentukan audiens.

        Traffic website memengaruhi proses perangkuman custom audience di Facebook Bisnis

        Piksel merupakan sebuah aplikasi yang disiapkan oleh Facebook dan instagram untuk

tracking (melihat karakteristik dan statistik pengunjung) pada website kita.

 

 

Strategi Menjalankan Google Ads

• Membuat Iklan di Google Ads

        Sebelum menjalankan iklan di Google Ads, pahami dulu keyword yang akan digunakan dalam pencarian. Bisa menggunakan keyword planner atau google suggestion.

        Untuk memulai campaign, pilih new campaign, IaIu akan ditampilkan mode sesuai dengan apa yang anda butuhkan untuk iklan anda. Ada sales, leads, web traffic, product and brand consideration, brand awareness and reach, dan app promotion.

        Pada halaman set up campaign di Google Ads, terdapat 4 area, yaitu select campaign setting, set up ad groups, create ads, dan confirmation.

        Space copywriting di Google Ads sangat terbatas, sehingga kita harus dapat memanfaatkan space tersebut dengan copywriting yang efektif dan tajam.

• Mengukur Keberhasilan Iklan di Google Ads

        Masuk ke bagian reporting di Google Ads untuk mendapatkan hasil laporan statistic

performa iklan kita.

        Pada awal beriklan di Google Ads, iklan kita termasuk kedalam tahap learning, karena Google Ads akan mempelajari terlebih dahulu campaign iklan kita. Meskipun masih dalam tahap learning, tidak menutup kemungkinan iklan anda akan dilihat banyak orang.

        Pilihan overview pada Google Ads menampilkan rangkuman seluruh campaign yang anda jalankan di Google Ads.



Sumber dari pelatihan http://skillacademy.com/
Herwindra Berlian
Herwindra Berlian Seorang blogger yang kesehariannya didepan laptop dan hobi berselancar di internet sejak 2011

No comments for "Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing (cheat sheet)"