Widget HTML Atas

Sukses Bisnis Online Shop di Instagram (cheat sheet)


Alasan instagram cocok sebagai platform online shop

1. Market Instagram di Indonesia sangat besar 

2. Instagram dapat berfungsi sebagai katalog produk penjualan

3. Customer di Indonesia mudah percaya dengan Online shop di Instagram

4. Image Brand Lifestyle di Instagram sangat kuat


Mindset penting untuk mendukung kesuksesan online shop

1.  Start Small & Think Big

2. Fokus ke satu kategori bisnis

3.  Berpikir Jangka Panjang

4.  Pastikan melakukan perencanaan

5.  Buat Strategi pemasaran untuk penjualan

6.  Tetapkan Goal utama dari online shop


Cara membuat goals yang benar dari online shop

1.  Goal harus konkret

2.  Goal harus punya limit

3.  Goal harus ditulis dan bisa dilihat setiap hari

4.  Goal yang besar harus punya Milestone

5.  Rancang goal dalam kurun waktu harian, bulanan, dan tahunan


Menemukan produk yang tepat untuk dijual

1.        Tentukan produk terlebih dahulu kemudian suppliernya


2..        Pastikan produk sesuai dengan passion

3.        Cari produk yang sudah laku, dan lihat kekurangannya

4.        Cari produk yang membuat anda selalu ingin membelinya

5.        Cari produk yang membuat rajin merisetnya sebelum membelinya

6.        Cari supplier produk mulai dari orang terdekat


 3 tipe penjual di online shop

1.       Dropshipper

Dropshipper adalah tipe penjual online yang menjajakan gambar produk yang diunggah di marketplace, khususnya Instagram. Alur kerjanya seperti berikut :


Kelebihan Dropshipper

a.        Dropshipper mengeluarkan modal yang cenderung kecil

b.        Tidak membutuhkan tim besar; mulai dari diri sendiri

Kelemahan Dropshipper

a.       Harga tidak mengikat konsumen / pembeli

b.       Dropshipper tidak memiliki kontrol apapun terhadap produk yang dipasarkan

c.        Dropshipper tidak memiliki jaminan bahwa pengiriman produk akurat

 

2.       Reseller

Reseller adalah penjual yang membeli produknya lebih dahulu, kemudian dijual kembali.

 

Kelebihan Reseller

a.        Reseller dapat mengontrol harga dibandingkan dropshipper

b.        Reseller memiliki control parsial, khususnya pada proses pengiriman

c.        Reseller membantu penjual untuk lebih berkomitmen karena mengeluarkan modal lebih besar

Kelemahan Reseller

a.        Reseller mengeluarkan modal lebih besar dibandingkan dengan dropshipper

b.        Reseller membutuhkan setidaknya 1 tim kecil (admin, karyawan gudang, tim packing) untuk memaksimalkan aktivitas penjualan

c.        Reseller tidak memiliki kontrol produksi barang yang dijual



3.   Produsen

Produsen adalah tipe penjual yang mengerjakan proses produksi barangnya sendiri hingga siap didistribusikan

 

Kelebihan Produsen

1.       Produsen memiliki kontrol penuh terhadap barang yang diproduksi untuk dipasarkan

2.       Menjadi produsen meningkatkan citra positif online shop di mata industri, khususnya perbankan

Kelemahan Produsen

1.       Produsen membutuhkan jumlah karyawan yang lebih banyak daripada

dropshipper dan reseller

2.       Produsen membutuhkan modal yang lebih besar dibandingkan sistem penjualan

online lainnya.


Jenis-Jenis konten yang dapat diposting


    1.       Product Shot

Product Shot yaitu foto/gambar produknya langsung. Product shoot terdiri 2 jenis :

a.       Single product

Contohnya 1 buah produk botol

b.       Group of produCt

Contohnya kumpulan produk saus


2.       Model shot

Model shot yakni foto shot brand namun menggunakan model.


3.       Endorsment

Foto dari Brand yang digunakan oleh influencer-influencer.


4.       Graphic Design

Dapat berupa vector atau hasil desain grafis namun konsisten menggunakan palette

warna yang sesuai dengan warna brand produk.


        5.       Kupon

            Digunakan untuk menarik awareness customer

6.       Behind the scenes

Gambaran visual mengenai kejadian di balik kegiatan produksi.


7.       Testimoni

Bisa berupa screenshoot testimoni pelanggan.

8.       Giveaway

       Berikan giveaway berupa hadiah yang menarik

 


Konten yang baik di Online shop   

1.    Konten harus In Sync dengan branding

2.    Caption harus disesuaikan dengan branding

3.    Warna, font, dan style juga sinkron dengan branding



Membuat profit online shop yang baik

    -    Buat Username yang baik dengan ketentuan

-    Pilih nama yang mudah diingat

-     Username sebaiknya satu atau dua suku kata saja

-     Hindari penggunaan garis bawah

-     Username dapat menggunakan titik dan emoji

-       Buat /reyword yang mudah

    -     Jangan lupa masukkan kontak anda

    -     Gunakan website (linktree) untuk menautkan multi-links



Konten foto dan video menarik untuk online shop

Pengambilan foto & video dapat menggunakan kamera HP, DSLR, maupun menggunakan jasa professional (Photoshoot Agency).

Jenis-jenis video di Instagram

1.       Video/eed, durasi maksimal 1 menit

2.       Video stories, durasi maksimal 15 detik

3.       Video IG TV, durasi maksimal 30 menit

4.       Instagram Live



Caption menarik untuk konten di Instagram

Caption adalah deskripsi yang muncul di bawah unggahan konten di Instagram.


Cara membuat caption yang menarik

Buat caption seakan-akan menceritakan produk anda

Berikan kesan sentuhan pribadi (personal touch) pada caption

Berikan alasan untuk customer membeli produk pada caption

Berikan ekspektasi kepada costumer jika membeli produk tersebut

Tuliskan fitur-fitur produk yang anda jual pada caption

Tuliskan prosedur pembelian produk pada caption


Berikan info jika produk terbat


Tips mempromosikan Online shop

Sebelumnya lakukan riset competitor

Pelajari cara kompetitor melakukan promosi

Promosi dapat dilakukan melalui konten, iklan, dan endorsement 

Buat Influencers dan followers menggunakan hashtag yang sama agar konten menjadi trending topic.

Gunakan content calendar untuk menjadwalkan konten promosi

 Promo diumumkan sebaiknya 1-2 minggu sebelum hari puncaknya.

 

    Organic vs Paid Ads

        Organic murupakan promosi dengan berbasis konten yang bagus tanpa Ads

(Berbayar)

        Paid ads merupakan iklan berbayar untuk membantu promosi online shop

        Dalam melakukan promosi sebaiknya gunakan organic dan paid ads secara bersamaan


    Endorse

Endorse adalah membayar influencer untuk mempromosikan produk atau jasa brand anda.


Jenis-jenis Instagram Influencer

1.       Mega influencer, memiliki jutaan pengikut di Instagram

2.       Macro influencer, memiliki lebih dari 500 ribu pengikut di Instagram

3.       Micro influencer, memiliki 100 — 500 ribu pengikut di Instagram

4.       Nano influencer memiliki kurang dari 50 ribu pengikut di Instagram

Cara memilih influencer yang tepat untuk endorse

1.   Cek kecocokan komunitas penggemar influencer dengan produk Anda

2.  Pilih influencer dengan engagement rate yang cukup tinggi

 

Automation adalah sebuah aktivitas harian untuk mendukung memaksimalkan penggunaan Instagram bisnis dan dijalankan oleh 8ot secara otomatis.


Tips Menggunakan Automation

1. Memasukkan #hashtag pada konten yang ingin Anda otomatisasi di     Instagram 

2. Gunakan otomatisasi untuk/o/lovp, like, dan unfollow pengguna lainnya

3.  Gunakan otomatisasi juga untuk Auto reply Direct Message (DM) yang masuk

4.   Otomatisasi juga dapat dilakukan untuk mengunggah konten secara otomatis

5.    Jangan otomatisasi untuk komentar online shop Anda


    Menyiapkan Customer Service

Menyiapkan customer service bertujuan untuk membantu pelayanan pada pelanggan. Diharapkan customer service dapat merespons pesanan (Take order) serta meyakinkan calon customer untuk membeli (Closing).

Cara Merespons Pesanan


    1.    Gunakan sapaan yang sewajarnya ketika menerima pemesanan

   2.       Siapkan template pesan yang mudah disalin untuk beragam chat pelanggan

         3.       Berikan pilihan produk di akhir percakapan kepada pelanggan

         4.       Jika ada pelanggan complain, pikirkan cara menanggapi komplain                     pelanggan dengan bijak

 

Template chat untuk Customer Service

1.       Sapaan netral untuk semua customer

2.       Akhiri percakapan dengan pertanyaan tertutup

     3.       Berikan penawaran promosi pada pesan penutup

       4.   Pastikan gaya pesan dan sapaan sesuai dengan produk Anda

     5.      Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk memberi kesan                 professional

       6.      Hindari penggunaan singkatan yang membingungkan customer

     7.      Hindari penggunakan emoji berlebihan

 

        Platform Chat untuk Customer Service di Online shop

            1.        Line

-          Memiliki halaman khusus untuk diikuti orang Iain

-          Memiliki timeline yang dapat diisi beragam konten produk

-          Praktis untuk menyebarluaskan promo produk dan online shop

-          Gunakan Line@ jika target audiens Anda remaja dan dewasa muda

2.        WhatsApp

Gunakan WhatsApp jika target audiens Anda berusia lebih tua dan dari kalangan

profesional


3.      Website chat Manage


    Cara alternatif mengembangkan Online shop Instagram 

1. Jalin kerja sama dengan brand online shop Instagram sejenis lainnya

2. Membangun pop-up store dan flag store

3. Keuntungan Pop-up dan Flag Store

4. Memudahkan brand Anda lebih dikenal banyak orang

5. Meningkatkan kepercayaan para pelanggan

 


Tips mempertahankan bisnis Online shop

1. Fokus dalam menjalankan bisnis!

2.  Fokus pada 1 kategori minimal 1 tahun!

3.  Face the problem, face the challenge!

4.  Lakukan investasi

     5.  Gigih menjalankan bisnis online shop Anda 

        6.  Kreatif dan inovatif meski tidak orisinal

      7.  Konsisten membangun konten


Sumber dari pelatihan http://skillacademy.com/
Herwindra Berlian
Herwindra Berlian Seorang blogger yang kesehariannya didepan laptop dan hobi berselancar di internet sejak 2011

No comments for "Sukses Bisnis Online Shop di Instagram (cheat sheet)"