Widget HTML Atas

Jasa Implementasi Server pada Universitas / Kampus



Data merupakan bahan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dimana merupakan teknologi yang dapat menghubungkan semua pemakai komputer, untuk berbagai tujuan, di seluruh dunia tanpa harus bertemu secara langsung.  TIK sering juga disebut ICT (Information and Communication Technology).  TIK adalah fasilitas yang dirancang untuk memudahkan manusia untuk berkomunikasi, baik secara tertulis (e-mail, forum,chatting, dll.), lisan, maupun visual (misalnya video conference).  Dengan kemudahan-kemudahan yang tersedia dengan dukungan TIK tersebut, maka manusia dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas tertentu pada dirinya tanpa harus melalui institusi-institusi formal, seperti belajar di sekolah, di perguruan tinggi, di lembaga-lembaga kursus, dan lain-lian semacamnya.  Terminologi TIK dan ICT dalam proposal ini akan digunakan secara bergantian sesuai peruntukannya.
Dengan peran TIK seperti yang digambarkan di atas, dan perguruan tinggi sebagai salah satu institusi yang berperan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia, jika ingin tetap mempertahankan atau meningkatkan peran tersebut, maka harus mengintegrasikan TIK sebagai salah satu media utama proses pembelajarannya selain dosen dan perpustakaannya.  Perguruan tinggi atau institusi semacamnya yang tidak mampu mengoptimalkan peran internet dalam proses pembelajarannya, sangat mungkin akan ditinggalkan, cepat atau lambat, oleh stakeholdernya.
Dengan kesadaran akan besarnya peran TIK tersebut, dan kebutuhan akan data dan informasi yang cepat, akurat, dan komprehensif bagi setiap lini manajemen di lingkungan UNIGRES,  maka dibentuklah server internal untuk mampu menjawab kebutuhan globalisasi informasi secara cepat dan terintegrasi menjadi sebuah system yang bagus yang membantu dan membangun kinerja yang lebih cepat, efisien, dan maju baik di antara pihak karyawan, dosen dan masyakat luar.
Untuk meningkatkan kinerja unit ini, jaringan Server kampus.  Dengan adanya jaringan itu, maka pengelolaan data dan informasi diharapkan akan berjalan lebih baik, karena proses peremajaan data dapat dilakukan secara online pada setiap unit kerja yang bertanggung jawab dengan data tersebut.  Rencana tersebut ternyata belum berjalan sesuai dengan harapan. 
      Dari hasil analisis masalah diperoleh bahwa akar masalahnya terletak pada kemampuan dan ketahanan server internal yang dimiliki, untuk data menjawab kebutuhan saat ini dan kedepannya Server merupakan Perangkat Vital dan dasar yang saat diperlukan selain diantaranya ada system networking dan konfigurasi data yang aman, cepat dan terintegrasi dengan baik. Saat ini Server yang ada masih mengalami kendala baik dari sisi kemampuan kecepatannya sendiri dan juga dari sisi keamanan datanya, Dengan server yang cuman satu ini aksebilitas data sangatlah perlu terjaga. Keadaan yang terjadi adalah server mengalami masalah dan akses untuk data terkendala jika hal ini dibiarkan maka akan menggangu kinerja baik dari golongan internal kampus dan eksernal semisial dibutuhkannya informasi terkait kampus dari khalayak umum secara online.
      Dari masalah yang ada Kami berencana memberikan solusi yang terbaik untuk dapat menjaga stabilitas kinerja melalui pemanfaatan fasilitas TIK demi terbentuknya unit Kampus yang bisa bersaing kedepannya di kancah Nasional dan Internasional. Perencanaan akan kami lakukan dengan memperkuat perangkat dasarnya terlebih dahulu dengan membentuk dua mecam dan metode yaitu Server Production dan Server Development hal ini berguna unutk menjaga baik secara security, aksebilitas, dan mengurangi trouble and error. Pengembangan selanjutnya dilakukan dengan menambahkan fitur-fitur seperti halnya email server untuk segenap jajaran kampus, domain website jurusan, dosen dan mungkin sampai level mahasiswa, Pengelolaan pengembangan akses data bersifat elektrik seperti misalnya e-library, digilab, sister, feeder, SiAkad, E-Jurnal, Sapto, simlikerma, belmawa, sinta, si-anggar, e-lib guna mempercepat kinerja dengan system berintegrasi online antar divisi. Dan juga penembahan-penambahan fitur yang berinovatif dan bersaing seperti halnya E-Learning yang memungkinkan untuk adanya pembelajaran jarak jauh dan impact social masyarakat yang lebih terjangkau.     

Maksud :
Membangun Pengelolaan Server dan Management Informasi Sistem yang terintegrasi di Universitas Gresik
Tujuan :
            Terwujudnya “Centralized data” di Lingkungan Universitas Gresik dalam mendukung proses pemanfaatan data bersama untuk menghasilkan informasi yang berkualitas bagi pihak-pihak yang berkepentingan.  

Pekerjaan ini nantinya akan melakukan proses pengembangan dari  Server Internal di Lingkungan Universitas Gresik.

Manfaat kedepan dari pada kegiatan jasa dan implementasi server ini adalah sebagai berikut :
1.      Kebutuhan Sistem informasi akan tercukupi dengan penambahan server baru.
2.      Dengan adanya server development tim internal IT unigres dapat trial and error untuk pengembangan berikutnya.
3.      Management server dapat dilakukan mudah oleh tim IT Unigres

1.       Internet service provider
a)      Internet direkomendasikan ada 2 ISP dengan beda provider.
b)      Untuk efisiensi biaya 1 ISP dengan banwidth 1:1 upstream:downstream 15 Mbps untuk akses public aplikasi yang ada di server
c)       Untuk pengunaan internet bisa menggunakan ISP dengan bandwidth up to seperti indihome, bisnet myrepublic dll 100Mbps.
d)      2 ISP tersebut direkomendasikan beda provider

2.       Server
a)      Server akan menggunakan virtualisasi server dengan menggunakan proxmox VE
b)      Dibutuhkan minimal 3 server dan external storage network untuk bisa dilakukan migrasi vm
c)       1 pengadaan server yang powerfull sebagai main server atau server production
d)      2 server existing sebagai server development, direkomendasikan dengan ram yang besar minimal 16GB per server.
e)      Setiap VM yang di create akan menggunakan NAS storage
f)       Dengan Proxmox VE management server di jadikan satu untuk memudahkan management server
g)      Instalasi 1 Unit server (pengadaan baru) sebagai main produstion server
h)      Instalasi 2 Unit server (existing) sebagai development server dilakukan setelah proses migrasi data server existing ke production server.

3.       NAS Storage
a)      1 Nas storage dengan SSD digunakan untuk vm production
b)      1 Nas storage dengan HDD digunakan untuk vm development dan database production maupun development

4.       Rack Server
a)      Rack server dengan kapasitas 30U
b)      Semua perangkat network dan server masuk ke dalam server
c)       UPS dengan kapasitas 3KVA atau 3000Watt

Herwindra Berlian
Herwindra Berlian Seorang blogger yang kesehariannya didepan laptop dan hobi berselancar di internet sejak 2011

No comments for "Jasa Implementasi Server pada Universitas / Kampus"