Widget HTML Atas

Aplikasi manajemen Rekrutmen Karyawan



Rekrutmen yang dilakukan secara manual selama ini berisiko terjadinya human error pada saat seleksi berkas lamaran, penginputan data, serta waktu yang dibutuhkan cukup lama. Sehingga perlu dikembangkan proses rekrutmen secara online untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam seleksi berkas dan proses pengumuman, menekan biaya untuk jangka panjang serta menerapkan pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) di Bank Jatim.
Pada sisi lain, rekrutmen secara online juga dapat menarik lebih banyak minat pelamar karena kemudahan dalam mendaftar untuk mengikuti seleksi dan kemudahan mengakses serta mendapat informasi tentang tahapan seleksi secara transparan dan real time.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka tujuan dari pembuatan E-rekrutment ini untuk mempermudah dan mempercepat proses seleksi berkas rekurtment dan pengumuman hasil rekrutment secara online, sekaligus memperkecil resiko human error pada saat seleksi berkas lamaran.

Dalam pembahasan dokumen Blueprint E- Rekrutment, ada beberapa fitur yang akan dibahas guna melengkapi dokumentasi dan juga sebagai acuan dasar pengembangan sistem. Berikut daftar fitur yang di bahas dalam dokumen Blueprint:
Output / hasil keluaran yang diharapkan dalam pekerjaan pembangunan sistem E – Rekrutment Bank Jatim adalah sebagai berikut :
1)      Membuat aplikasi berbasis web.
a.       Halaman Login Web
b.      Registrasi Peserta
c.       Notifikasi Email
d.      Seleksi Adminisrasi
e.      Managemen Master User & Role
f.        Manajemen Tatakelola Vendor dan Penguji
g.       Fitur Publish Pengumuman
h.      Fitur cetak berita acara uji internal
i.         Fitur dashboard
j.         
2)      Aplikasi Mobile.
a.       QR Code Login
b.      Menu Verifikasi Data / Clearance Test
c.       Menu Pemilihan Jadwal Test & Vendor
d.      Menu Interview Internal
e.      Menu Monitoring Progress

No
Fitur
Deskripsi
User Peserta
1
Registrasi
Peserta melakukan registrasi dengan mengupload dokumen – dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan username dan password.
2
Upload Dokumen
Peserta melakukan upload dokumen yang diperlukan ke sistem
3
Pemilihan Vendor dan Jadwal Test
Peserta memilih vendor dan jadwal test yang akan dilakukan.
User Administrator
1
Setting Jadwal Proses seleksi
Admin mengolah data – data vendor dan melakukan set up jadwal pelaksanaan test (Assesment, Komputer, Kesehatan).
2
Manajemen User
Admin mengolah role dan akses user ke sistem.
3
Proses Pengumuman
Admin melakukan upload pengumuman hasil seleksi, dan  pelaksanaan seleksi tahap selanjutnya.
4
Proses Cetak Berita Acara Pengujian Wawancara
Admin melakukan cetak berita acara uji wawancara, dan mengirim hasil uji wawancara kepada peserta melalui email.
User Validasi Data
1
Seleksi Administrasi Peserta (Mobile)
User Validasi data melakukan pengecekan dokumen peserta.
User Vendor Test (Assesment, Komputer, dan Kesehatan)
1
Absen Peserta test
User melakukan scan QR Code peserta test yang sudah hadir sebagai data absen
2
Upload Hasil Test (Assesment, Komputer, dan Kesehatan)
User Vendor melakukan upload hasil test peserta ke sistem.
User Ketua Penguji Wawancara
1
View Hasil Test Sebelumnya
Ketua penguji melakukan view dari hasil test peserta yang sudah dilakukan.
2
Input Hasil Tes Wawancara
Ketua penguji input hasil tes wawancara berdasarkan hasil voting yang sudah dilakukan oleh tim penguji wawancara.
3
Update Hasil Uji Peserta
Ketua penguji memperbarui status hasil uji peserta.

Herwindra Berlian
Herwindra Berlian Seorang blogger yang kesehariannya didepan laptop dan hobi berselancar di internet sejak 2011

No comments for "Aplikasi manajemen Rekrutmen Karyawan"