Aplikasi manajemen Rekrutmen Karyawan
Rekrutmen
yang dilakukan secara manual selama ini berisiko terjadinya human error pada
saat seleksi berkas lamaran, penginputan data, serta waktu yang dibutuhkan
cukup lama. Sehingga perlu dikembangkan proses rekrutmen secara online untuk
mempermudah dan mempercepat proses dalam seleksi berkas dan proses pengumuman,
menekan biaya untuk jangka panjang serta menerapkan pelaksanaan Good Corporate
Governance (GCG) di Bank Jatim.
Pada
sisi lain, rekrutmen secara online juga dapat menarik lebih banyak minat pelamar
karena kemudahan dalam mendaftar untuk mengikuti seleksi dan kemudahan
mengakses serta mendapat informasi tentang tahapan seleksi secara transparan
dan real time.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka tujuan dari pembuatan E-rekrutment ini untuk mempermudah dan mempercepat proses
seleksi berkas rekurtment dan pengumuman hasil rekrutment secara online,
sekaligus memperkecil resiko human error pada saat seleksi berkas lamaran.
Dalam pembahasan dokumen Blueprint E- Rekrutment, ada
beberapa fitur yang akan dibahas guna melengkapi dokumentasi dan juga sebagai acuan
dasar pengembangan sistem. Berikut daftar fitur yang di bahas dalam dokumen Blueprint:
Output / hasil keluaran yang
diharapkan dalam pekerjaan pembangunan sistem E – Rekrutment Bank Jatim adalah
sebagai berikut :
1)
Membuat
aplikasi berbasis web.
a.
Halaman Login Web
b.
Registrasi Peserta
c.
Notifikasi Email
d.
Seleksi Adminisrasi
e.
Managemen Master User & Role
f.
Manajemen Tatakelola Vendor dan Penguji
g.
Fitur Publish Pengumuman
h.
Fitur cetak berita acara uji internal
i.
Fitur dashboard
j.
2)
Aplikasi
Mobile.
a.
QR Code Login
b.
Menu Verifikasi Data / Clearance Test
c.
Menu Pemilihan Jadwal Test & Vendor
d.
Menu Interview Internal
e.
Menu Monitoring Progress
No
|
Fitur
|
Deskripsi
|
|
User Peserta
|
|||
1
|
Registrasi
|
Peserta melakukan registrasi dengan mengupload dokumen – dokumen yang
diperlukan untuk mendapatkan username dan password.
|
|
2
|
Upload Dokumen
|
Peserta melakukan upload dokumen yang diperlukan ke sistem
|
|
3
|
Pemilihan Vendor dan Jadwal Test
|
Peserta memilih vendor dan jadwal test yang akan dilakukan.
|
|
User Administrator
|
|||
1
|
Setting Jadwal Proses seleksi
|
Admin mengolah data – data vendor dan melakukan set up jadwal
pelaksanaan test (Assesment, Komputer, Kesehatan).
|
|
2
|
Manajemen User
|
Admin mengolah role dan akses user ke sistem.
|
|
3
|
Proses Pengumuman
|
Admin melakukan upload pengumuman hasil seleksi, dan pelaksanaan seleksi tahap selanjutnya.
|
|
4
|
Proses Cetak Berita Acara Pengujian Wawancara
|
Admin melakukan cetak berita acara uji wawancara, dan mengirim hasil
uji wawancara kepada peserta melalui email.
|
|
User Validasi Data
|
|||
1
|
Seleksi Administrasi Peserta (Mobile)
|
User Validasi data melakukan pengecekan dokumen peserta.
|
|
User Vendor Test (Assesment, Komputer, dan Kesehatan)
|
|||
1
|
Absen Peserta test
|
User melakukan scan QR Code peserta test yang sudah hadir sebagai data
absen
|
|
2
|
Upload Hasil Test (Assesment, Komputer, dan Kesehatan)
|
User Vendor melakukan upload hasil test peserta ke sistem.
|
|
User Ketua Penguji Wawancara
|
|||
1
|
View Hasil Test Sebelumnya
|
Ketua penguji melakukan view dari hasil test peserta yang sudah
dilakukan.
|
|
2
|
Input Hasil Tes Wawancara
|
Ketua penguji input hasil tes wawancara berdasarkan hasil voting yang
sudah dilakukan oleh tim penguji wawancara.
|
|
3
|
Update Hasil Uji Peserta
|
Ketua penguji memperbarui status hasil uji peserta.
|
No comments for "Aplikasi manajemen Rekrutmen Karyawan"
Post a Comment
Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih