Event Management Application
PT.
Semen Indonesia (Persero) Tbk, sebagai Badan Usaha Milik Negara dan anak
perusahaannya, yaitu PT. Semen Gresik, PT. Semen Padang, PT. Semen Tonasa dan
Thang Long Cement Company (TLCC), untuk selanjutnya disebut Semen Indonesia
Group (SMIG).
Sejalan
dengan perkembangan korporasi yang meningkat dengan pesat, SMIG melakukan
penyempurnaan dan pengembangan organisasi, fasilitas produksi, infrastruktur
serta fasilitas-fasilitas penunjang lainnya diantaranya adalah pengembangan
yang dilakukan di bidang Information dan Communication Technology (ICT).
ICT merupakan suatu bidang strategis dan diharapkan
akan mampu menciptakan nilai tambah dan memperkuat daya saing perusahaan dalam
memasuki era globalisasi. Oleh Karena itu, ICT menjadi salah satu bidang yang
telah dan terus dikembangkan di Semen Indonesia Group (SMIG) guna mendukung
proses dan kebutuhan bisnis. Salah satu bidang yang akan dilakukan
pengembangannya adalah Aplikasi Event Management yang dapat di akses oleh Board
of Directors PT. Semen Gresik.
Untuk mempermudah permintaan mengakomodasi aktifitas
dan kegiatan dari Direksi PT. Semen Gresik langsung atau tidak langsung yang
sering terjadi miskomunikasi, maka dilakukan pengerjaan Aplikasi Event
Management yang dapat di akses oleh Board of Directors PT. Semen Gresik secara
langsung untuk mengetahui agenda dan acara yang di inputkan oleh Sekretaris Direksi
(Sekdir)
Maksud dari dilakukannya pekerjaan ini adalah: Membuat dashboard event dan kegiatan Board of
Directors (BOD), yang bisa di akses BOD PT. Semen Gresik.
Ruang lingkup dan
spesifikasi teknis proyek ini meliputi :
· Membuat Aplikasi Event Management dan melakukan
integrasi dashboard Event Management ke monitor di ruangan BOD PT. Semen Gresik
·
Menyusun konsep
Aplikasi Event Management sesuai dengan kebutuhan BOD PT. Semen Gresik
· Mengimplementasikan Aplikasi Event Management, melakukan roll out dan
pendampingan di PT. Semen Gresik terutama untuk Sekretaris Direksi PT. Semen Gresik
·
Membuat dokumen teknis tentang aplikasi Event Management yang akan
diterapkan (user guide, blueprint,
dokumentasi, UAT, EUT).
Secara umum Aplikasi Event Management adalah aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah akses oleh Board of
Directors PT. Semen Gresik secara langsung untuk mengetahui agenda dan acara
yang di inputkan oleh Sekretaris Direksi (Sekdir).
Secara
garis besar pada aplikasi Event Management ini memiliki beberapa fitur yakni :
1. Dashboard
Berupa
informasi seluruh jadwal kegiatan BOD yang bersangkutan dan ditampilkan di
layar monitor di ruangan BOD
2. Add Event
Berupa
inputan agenda kegiatan / undangan BOD yang di inputkan oleh Sekretaris Direksi
3. Kalender
Event
Berupa
informasi seluruh jadwal kegiatan BOD yang bersangkutan berdasarkan mingguan /
bulanan
4. List
Event
Berupa
detail informasi dari event.
5. Manage
Event
Berupa
inputan disposisi jika BOD tidak dapat menghadiri agenda dan didisposisikan
kepada bawahannya
6. Email
Notifikasi
Berupa
email notif untuk pemberitahuan atau konfirmasi terkait undangan.
7. Rekap
Event Mingguan / Bulanan
Berupa
Report Import Excel Event yang terekam di aplikasi Event Management, berisi
kegiatan kegiatan BOD.
·
Alur Proses/Flowchart Global Event Management
Menjelaskan
alur proses mulai dari Sekretaris Direksi menginputkan agenda / event
(schedule) BOD, konfirmasi BOD terkait undangan hingga pengiriman notif by
email kepada BOD.
Hasil
pengerjaan pekerjaan ini yaitu, Aplikasi Event Management yang di inputkan oleh
Sektertaris Direksi yang dapat di akses oleh BOD dan menampilkan dashboard
event management di layar monitor ruangan BOD serta notif by email sebagai
pengingat event tersebut.
No comments for "Event Management Application"
Post a Comment
Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih