Aplikasi Centralized Learning Design
PT Sinergi Informatika Semen Indonesia adalah anak
perusahaan dari PT. Semen Indonesia (Persero)
Tbk. PT Sinergi Informatika Semen Indonesia atau selanjutnya disebut PT
SISI adalah perusahaan IT yang menangani kegiatan proyek maupun operasional IT
PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. PT SISI berdiri pada tahun 2014 telah
memiliki pengalaman proyek dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.
Salah satu client kami, PT. Semen Indonesia (PERSERO) Tbk.
merencanakan untuk melakukan peningkatan layanan ICT yang terintegrasi untuk
semua anak perusahaannya yang sudah dimulai sejak tahun 2009. Untuk itu perlu
menjamin bahwa delivery dari service ICT tersebut dapat mencapai tingkat
kinerja (performa) yang diharapkan untuk mendukung objektif bisnis dari
organisasi. Saat ini PT SISI sedang menjalin kerja sama dengan PT. Semen
Indonesia (Persero) Tbk, dalam hal pembuatan jasa aplikasi untuk pengelolaan
Learning and Course dan PT SISI sedang membutuhkan sumber daya guna menunjang
kebutuhan proyek tersebut.
Pembangunan Aplikasi CDL Ripped dimaksudkan
dapat mempermudah pengaksesan materi-materi pelatihan yang diadakan oleh Semen
Indonesia Group. Melalui pencarian materi pelatihan yang sistematis, kegiatan
pembelajaran dapat
terlaksana dengan baik dan materi pelatihan dapat
digunakan oleh karyawan Semen Indonesia Group.
Proses bisnis CDL Ripped
melibatkan enam user yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut akan
dijelaskan fungsi dari masing-masing user:
1. Manajer CLD
Manajer CLD memiliki kewenangan untuk approve honor materi, melihat peserta, melihat course type, melihat course
event, melihat course description,
mengelola materi, download materi,
melihat instruktur, mengelola academy, melihat laporan, melihat learning
partner, dan mengelola academy.
2. CLD
CLD memiliki kewenangan untuk validasi materi, melihat
peserta, melihat course type, melihat
course event, melihat course description, mengelola materi, download materi, melihat instruktur,
mengelola course description, dan
melihat laporan, melihat learning partner, dan mengelola academy.
3. Opco
Opco memiliki kewenangan untuk melihat peserta, mengelola course type, melihat course event, melihat course description, mengelola materi, download materi, melihat instruktur,
mengelola academy, mengelola learning partner dan melihat laporan.
4. Instruktur
Instruktur memiliki kewenangan untuk melihat pesertanya
sendiri, melihat course event nya
sendiri, melihat course description
sesuai event nya sendiri, mengelola
materinya sesuai event nya sendiri,
dan download materi sesuai event nya
sendiri.
5. Peserta
Peserta memiliki
kewenangan untuk melihat instrukturnya sendiri, melihat course event nya sendiri, melihat course description sesuai event
nya, dan download materi sesuai event
nya.
Dalam
pembahasan dokumen Blueprint aplikasi CDL Ripped ada beberapa modul yang akan
dibahas guna melengkapi dokumentasi dan juga sebagai acuan dasar pengembangan
sistem. Berikut adalah daftar modul yang dibahas dalam dokumn Blueprint:
a. Melihat Peserta
b. Melihat Instruktur
c. Melihat Course Type
d. Melihat Course Event
e. Melihat Course Description
f. Mengelola Materi
g. Download Materi
h. Mengelola Academy
i. Report
j. Mengelola Learning Partner
k. Mengelola Course Description
l. Validasi Materi
m. Approve Validasi Materi
n. Melihat Learning Partner
o. Mengelola Opco
p. Mengelola Course Type
Aplikasi CDL Ripped merupakan aplikasi yang
berfungsi sebagai repository dan database dari materi
pelatihan-pelatihan yang diadakan di Semen Indonesia Group. Aplikasi ini mempermudah karyawan dalam mengakses data materi pelatihan yang telah
diselenggarakan atau yang akan diselenggarakan di Semen Indonesia Group.
Aplikasi ini memiliki fungsi utama sebagai
respository, namun ada beberapa kebutuhan-kebutuhan tambahan yang akan
diberikan ke dalam aplikasi. Berikut adalah beberapa kebutuhan-kebutuhan yang
telah ditentukan.
No
|
Back log
|
Keterangan
|
1
|
Sinkronisasi Data
|
Data menggunakan database Oracle dan tersinkronisasi
dengan SAP yaitu data Course Type,
Course Event, Course Group, dan User
SMIG.
|
2
|
Academy
|
Menambah, mengubah, menghapus daftar academy dan job famly.
|
3
|
Learning Partner
|
·
Learning Partner dikelola oleh Opco.
Opco menentukan karyawan menjadi Learning Partner per departemen.
· Manajer
mengatur Opco mana yang bisa mengelola learning partner.
|
4
|
Mengelola Materi
|
·
File yang diupload harus berkestensi
.PPT atau .DOC dan sistem melakukan auto convert ke PDF ketika sudah diupload.
·
File yang diupload boleh lebih dari
satu, sehingga bukan berbentuk compressed(rar/zip).
·
Jika
materi yang berektensi .PPT atau .DOC dihapus, materi yang berupa PDF juga
terhapus.
·
Materi terhapus akan masuk tempat sampah dan
dapat direstore oleh CLD dan
Manager CLD.
·
Data pada tempat sampah dapat terhapus
otomasis sesuai pengaturan di sistem yang dapat diatur oleh Manager CLD.
·
Materi dapat didownload oleh peserta
setelah event berakhir.
·
Saat Opco upload materi, saat itu juga dapat melakukan
validasi materi. Kemudian CLD akan memberikan penilaian yang kemudian akan disapprove
oleh Manager CLD.
·
Materi yang bisa didownload dalah
materi dengan status approve dan pelatihan yang dihadiri peserta
tersebut (mengikuti participant list di SAP).
·
Sistem memiliki counter upload dan
revisi sebagai data laporan. Upload materi berelasi dengan user peng-uploa
agar mengetahui siapa yang melakukan upload.
·
Sistem juga memiliki counter download sebagai
laporan. Download materi berelasi dengan user untuk mengetahui
siapa yang melakukan download. Counter download tidak mengitung ketika
melakukan download file yang sama berulang kali.
|
5
|
Mengelola Course Description
|
·
Sistem dapat melakukan pengecekan otomatis
pada course description yang kosong atau yang perlu direvisi atas
persetujuan Opco.
·
Selama update course descriptionnya belum
dilakukan, sistem akan memberikan notifikasi ke Learning Partner.
·
Update course description dilakukan
dengan edit langsung pada sistem sehingga menggantikan course
description yang ada di SAP.
·
Jadwal notifikasi menyesuaikan dengan jadwal
pada Training Plan.
·
Pengaturan waktu notifikasi bisa diatur oleh
Manager CLD.
·
Course objective pada course
description ditampilkan berdasarkan indikator perilaku kompetensi.
·
Saat develop
awal seluruh course description dibuat statusnya draft walaupun terisi semua.
·
Jika content, objective, duration, delivery
method, target group, evaluation kosong maka statusnya DRAFT.
·
Jika course description di approve oleh CLD
maka statusnya FINAL.
·
Jika Opco ingin meminta revisi, maka statusnya
berubah menjadi REVISI. Revisi ini akan mengirimkan notifikasi ke CLD.
·
Tombol revisi muncul untuk Opco, tombol send
email untuk CLD.
·
Tombol revisi dilakukan oleh Opco untuk
merubah status ke REVISI dan notifikasi ke CLD.
·
Tombol draft dilakukan oleh CLD untuk merubah
status ke DRAFT dan notifikasi ke Learning Partner.
·
sub_cg_name menampilkan course group level 1
(Job Family), sedangkan cg_name menampilkan course group level 0 (Core, Leadership, etc.)
·
Tombol view akan menampilkan form halaman
course description yang nantinya dapat di edit
maupun print.
·
Form course
description nantinya juga dapat di export ke bentuk word untuk kebutuhan CLD dalam membuat buku berisi seluruh course
description di akhir tahun.
|
6
|
Notifikasi
|
·
Notifikasi dapat diatur oleh tim IT.
·
Sistem mengirim notifikasi melalui email.
·
Notifikasi otomatis yang dilakukan oleh sistem
yang dikirimkan ke Learning Partner setiap hari sebelum 30 hari terkait update course description dari jadwal event yang sudah ada di sistem.
·
Notifikasi otomatis yang dilakukan oleh sistem
ke pengupload materi jika materi tersebut tidak disetujui oleh CLD.
·
Notifikasi otomatis yang dilakukan oleh sistem
ke Manajer CLD jika CLD sudah melakukan validasi materi.
·
Notifikasi otomatis yang dilakukan oleh sistem
ke Opco pengupload materi (validasi materi) ketika Manager CLD sudah
menyetujui validasi materi oleh CLD.
·
Notifikasi otomatis yang dilakukan oleh sistem
ke CLD jika Learning Partner sudah melakukan update course description.
·
Notifikasi otomatis yang dilakukan oleh sistem
ke Learning Partner jika terdapat suatu permintaan revisi dari Opco.
|
7
|
Laporan
|
|
Course Type
|
·
Menampilkan grafik jumlah course type berdasarkan
course group dan academy setiap bulan sesuai start date dan
end date yang sudah diatur oleh user.
·
Menampilkan grafik daftar course type dan
jumlah course type yang belum memiliki course description dan
materi.
·
Menampilkan grafik daftar course type dan
jumlah course type yang tidak memiliki materi.
|
|
Learning Material
|
·
Menampilkan grafik daftar learning material
per bulan sesuai berdasarkan waktu upload.
·
Menampilkan grafik jumlah learning material
berdasarkan course group dan academy yang dapat diatur
bulan dan tahun oleh user.
·
Menampilkan grafik jumlah upload dan download
setiap bulan.
|
|
Course Event
|
·
Menampilkan grafik jumlah event per bulan
·
Menampilkan grafik jumlah event berdasarkan
academy dan course group.
|
No comments for "Aplikasi Centralized Learning Design"
Post a Comment
Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih